Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Tuesday, September 13, 2016

Praktikum Animasi 2D Minggu ke 3
Hai semua, kembali lagi bersama saya di blog animasi tercinta. Kali ini saya akan bercerita tentang pembuatan animasi pada praktikum mata kuliah Animasi yang berlangsung di Lab MAC. Pada saat dosen matkul saya masuk ke dalam ruangan, tiba tiba ia menjelaskan apa yg harus kami kerjakan dengan memperlihatkan hasil animasi yang ditampilkan pada proyektor. Namum yang saya herankan adalah, beliau tidak menjelaskan bagaimana membuat animasi tersebut, dengan kata lain kami disuruh agar membuat animasi yang mirip dengan animasi yang beliau tampilkan tanpa menjelaskan apa apa kepada kami. Kaget bukan ? . Setelah menyuruh kami untuk membuat animasi tersebut, beliau berkata “ ya kali ini saya akan menyuruh kalian membuat animasi, kalian tidak akan terbantu meskipun dengan menggunakan software. Maka kalian harus berfikir untuk membuatnya.” Beliau menjelaskan bahwa software pun tidak dapat membantu kami meskipun membuat animasi tersebut menggunakan software aftereffect. Lalu saya dan teman teman semua mulai untuk berfikir bagaimana cara kerja dari animasi tersebut.
Animasi kali ini yang kami buat ialah animasi 8 pola lingkaran yang simetris ber-rotasi di dalam lingkaran besar tanpa harus keluar lintasan. Saya kira menggunakan track ataupun motion path pada pilihan adobe aftereffect. Ternyata setelah mencoba beberapa kali akhirnya saya menemukan kunci dari pergerak bola yang ber-rotasi di dalam lingkaran. Kunci dari pergerakan animasi kali ini ialah permaian rotasi. Rotasi pada masing masing bola kecil berlawanan dengan sekumpulan bola kecil, maksudnya pada tiap masing masing bola berputar ke kiri misalnya, namun pada sekumpulan bola kecil akan di rotasikan ke kanan agar membentuk suatu pola berputar. Ada hal lain yang diperhatikan agar rotasi terlihat presisi adalah dengan mengatur angker point agar rotasi benda dapat berputar sesuai dengan keinginan kita.


Sampai pada pukul 10.00 WIB, saya akhirnya dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan baik. Lingkaran yang saya buat sesuai dengan contoh yang beliau tunjukkan. Saya membuat rotasi bola se presisi mungkin agar rotasi tidak keluar lintasan. Terimakasih atas waktunya menyempatkan membaca artikel dari saya. Berikut hasil dari animasi yang sudah saya buat pada praktikum minggu ke 3 ini. 













Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © All About Technology //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //