Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Monday, November 28, 2016



3D Pens Logo 360 degrees


(Turn Table Animation)


1. Tujuan


Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.


2. Software


Adobe Illustrator CS6


Maxon Cinema 4D R17


quicktime 7.7.9


Camtasia studio 8.6






3. Bahan


logo PENS








4. Dasar Teori


a. Apa itu tracing ?


Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu. Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun. Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu. Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun. Beberapa software misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik.


b. Perbedaan animasi 2D dan 3D


Animasi 2D


merupakan dimensi panjang dan lebar dalam satu bidang datar, jadi hanya ada panjang dan lebar saja tanpa adanya dimensi tebal. Bidang dua dimensi dapat digambarkan dengan sumbu X dan Y. Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.


Macam-Macam objek 2D :


Line, Circle, arc, polygon, text,section, rectangle, ellips, star, helix






Animasi 3D


Merupakan adanya dimensi tebal pada gambar sehingga menjadikan gambar jauh lebih nyata dari pada gambar dua dimensi. Biasanya bidang tiga dimensi dinyatakan dengan sumbu X Y dan Z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer. Konsep tiga dimensi atau 3D menunjukkan sebuah objek atau ruang memiliki tiga dimensi geometris yang terdiri dari: kedalaman, lebar dan tinggi. Contoh tiga dimensi suatu objek / benda adalah bola, piramida atau benda spasial seperti kotak sepatu.


Karakteristik 3D Mengacu pada tiga dimensi spasial, bahwa 3D menunjukkan suatu titik koordinat Cartesian X, Y dan Z. Penggunaan istilah 3D ini dapat digunakan di berbagai bidang dan sering dikaitkan dengan hal-hal lain seperti spesifikasi kualitatif tambahan (misalnya: grafis tiga dimensi, 3D video, film 3D, kacamata 3D, suara 3D).


Macam-macam objek 3D : Box, sphare, cyllinder, tube, pyramid,hedra


c. Perbedaan animasi 2D di flash dan cinema 4D


Dalam pembuatan animasi 2D di aplikasi flash kita tetap menggunakan objek berbentuk 2D, bahkan pada saat di render pun hasilnya juga animasi 2D. namun ketika kita membuat animasi 2D melalui cinema 4D ketika kita modeling objek animasinya menggunakan 3D modeling, lalu waktu rendering kita membuatnya menjadi animasi yang terlihat 2D walaupun modelnya berbentuk 3D.






5. Langkah Praktikum






Berikut adalah beberapa langkah yang digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum :


1. Logo PENS





2. Record Logo








Kesimpulan


Pada praktikum pertama ini, saya bisa mengerti dengan mengoperasikan langsung software cinema 4d. Dengan langkah awal kita harus tracing logo pens di adobe illustrator, lalu kita imporkan file tersebut di dalam cinema 4D untuk kemudian dioperasikan menjadi model 3D. kemdian di perhalus sisi sisinya serta dirotasikan secara horizontal sebesar 360O . setelah itu dirender kedalam bentuk avi.


Referensi


http://www.mohhasbias.com/prak-01-logo-3d-360-turn-table-animation/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © All About Technology //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //