Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Tuesday, April 18, 2017

Camera Path, Lighting, and Material

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material
1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe Illustrator CS6
Maxon Cinema 4D R17
Quicktime

3. Bahan



4. Dasar Teori
 1. Jelaskan perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path ?
                 Animasi motion guide adalah animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi.
Perbedaan Antara Motion Guide Pada Flash Dengan Camera Path Motion guide yang ada pada flash biasanya digunakan untuk membuat animasi yang mengikuti sebuah lintasan tertentu. Disini yang bergerak adalah objeknya. Sedangkan pada camera path yang digunakna pada cinema4D yang bergerak merupakan arah penglihatan terhadap objek dari sisi depan kamera.
2. Jelaskan perbedaan antara Physical Sky dan Area Light!
Physical Sky dan Area Light Physical Sky merupakan proses yang sama sama memberikan efek cahaya pada praktikum kali ini. Tetapi yang membedakan dari physical sky adalah dia seolah olah seperti langit beserta sumber cahaya yaitu matahari , yang dapat diatur waktu sesuai keadaan di bumi. Jika kita mengatur pada pukul 00.00 maka yang terlihat bintang bintang serta bulan, pada pukul 05.30 akan Nampak fajar matahari terbit yang berwarna keemasan, serta di tengah hari pukul 12.00 akan sangat terang dengan warna langit biru muda. Sedangkan area light merupakan proses pemberian cahaya tertentu terhadap objek pada bagian tertentu dan bisa diibaratkan seperti penambahan flah eksternal pada proses fotografi.
3. Jelaskan yang dimaksud material dan beri contoh penggunaannya ?
Material merupakan Proses pemberian warna, tekstur, dan pengaturan lain seperti specular diffuser dll dengan menggunakan tools material. Langkah ini merupakan bagian terpenting dalam pembuatan design 3D. karena kita bisa membuat bagian detail dari objek sehingga nampak lebih nyata
4. langkah Praktikum
a. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.


b. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky

c. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
d. Menambahkan Material

5. Hasil percobaan
a. 

b.

c.

d.

6. Kesimpulan

Setelah mengikuti langkah langkah dari modul akhirnya saya ertambah ilmu tentang pembuatan desain 3D.kesuitan saya di praktikum ini adalah pada saat penataan cahaya area light. Di bagian itu saya masih belum bisa menemukan posisi serta intensitas cahaya yang sesuai terhadap logo pens. Sehingga efeknya setelah di render hasilnya warna terlihat buram dan tidak

7. Daftar Pustaka
http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © All About Technology //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //