Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Tuesday, April 18, 2017


Prak 05 – Adding Flare, Particles, Vignette, and Chrome Aberration

1. Tujuan
Pada tahap ini, bertujuan untuk menambah detail dari animasi logo dari praktikum sebelumnya. Dengan cara menambahkan flare dan particles. Kemudian menambahkan lens effect seperti vignette dan chrome aberration

2. Alat
Maxon Cinema 4D R17
Adobe After Effects CS6
Knoll Light Factory
Trapcode Particular

3. Bahan

4. Dasar Teori

Flare
Lens flare mengacu pada fenomena dimana cahaya tersebar atau berkobar dalam sistem lensa, sering dalam menanggapi cahaya terang, menghasilkan efek yang diinginkan pada gambar. Hal ini terjadi melalui mekanisme pembentukan citra yang tidak disengaja, seperti refleksi internal dan hamburan dari ketidaksempurnaan materi dalam lensa. Lensa dengan sejumlah besar unsur-unsur seperti membesarkan cenderung menunjukkan suar lensa yang lebih besar, karena mengandung beberapa permukaan di mana hamburan internal yang tidak diinginkan terjadi. Mekanisme ini berbeda dengan mekanisme pembentukan citra yang dituju, yang tergantung pada sinar dari pembiasan gambar itu sendiri.
optical flares plugin pemanis buat visual efek. Bagi seorang editor efek plugin ini tidak asing didengar karena optical flares adalah gimmick buat karya efeknya. Optical flares adalah salah satu plugin buatan andrew cramers videocopilot yang paling fenomenal dibandingkan plugin lainya karena dengan menambahkan efek ini bisa membuat efek yang biasa menjadi luar biasa. Optical flares adalah sebuah efek cahaya yang bisa diganti ganti warna dan tampilanya dan digunakan di software After Effect.

Particles
Satu Alat, ruang 3D tunggal, pada satu lapisan dengan kemungkinan tak terbatas. Ini adalah sebuah sistem partikel berfitur lengkap dengan pasukan, bidang, blur, DOF dan banyak lagi.

Vignette
Vignette adalah alat visual yang hebat untuk menambah kedalaman dan membawa fokus ke subjek Anda. Ada banyak cara untuk membuat Vignette di After Effects, hal itu menggunakan lapisan dengan terbalik (atau “dikurangkan”) lingkaran topeng, dan bulu-bulu topeng ditetapkan cukup tinggi (500px dalam kasus contoh ini)

Chrome Aberration
Dalam optik, chromatic aberration (CA) disebut distorsi kromatik, dan spherochromatism, yaitu sebuah efek yang dihasilkan dari dispersi di mana ada kegagalan lensa untuk memfokuskan semua warna ke titik konvergensi yang sama. Hal ini terjadi karena lensa memiliki indeks bias yang berbeda untuk panjang gelombang cahaya yang berbeda. Indeks bias bahan transparan menurun dengan meningkatnya panjang gelombang dalam derajat yang unik untuk setiap.

chromatic aberration memanifestasikan dirinya sebagai "pinggiran" warna di sepanjang batas-batas yang memisahkan bagian gelap dan terang dari gambar, karena setiap warna dalam spektrum optik tidak dapat difokuskan pada titik umum tunggal. Karena panjang fokus f dari lensa tergantung pada indeks bias n, panjang gelombang cahaya yang berbeda akan difokuskan pada posisi yang berbeda.


5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo PENS yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:

1. Tambahkan Flare
2. Tambahkan Particles
3. Tambahkan Vignette


4. Tambahkan Chrome Aberration


Hasil Praktikum
1.


2.


3.



4.

Kesimpulan
Banyak kesulitan seperti efek yang tidak ada akhirnya mendownload sendiri, sampai youtube tidak bisa upload tapi itu tidak membuat saya putus asa.

Referensi
http://www.mohhasbias.com/prak-05-adding-flare-particles-vignette-and-chrome-aberration/
https://en.wikipedia.org/wiki/Lens_flare
http://www.gpangky.xyz/2015/05/download-optical-flares-untuk-after.html
https://www.superluminal.tv/
https://www.premiumbeat.com/blog/quick-and-easy-vignettes-in-after-effects/
https://en.wikipedia.org/wiki/Chromatic_aberration

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © All About Technology //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //