Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Tuesday, April 18, 2017

Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves
1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.


2. Alat
Adobe Illustrator CS6
Maxon Cinema 4D R17
Quick time




3. Bahan



Secondary asset.
4. Dasar Teori


fungsi secondary Assets
secondary asset adalah objek yang ada di dalam sebuah animasi selain objek utama. Biasanya dibedakan dengan ukuran, warna, atau bentuk diantara keduanya. Secondary asset bisa dikatakan objek tambahan digunakan untuk mendukung objek utama dalam sebuah animasi, yang digunakan untuk melengkapi objek dalam animasi.


fungsi F-Curves
F-curves merupakan grafik movement atau pergerakan objek dari sebuah animasi. F-curves digunakan untuk memperhalus gerakan di scene animasi dan mengatur kecepatan pergerakan animasi. Misalnya ingin mempercepat atau memperlambat objeck pada detik ke 00.02 – 00.10 maka bisa menggunakan F-curves.


5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
Tambahkan secondary Assets
Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Hasil Praktikum
a. 
b.
c. 
7. Kesimpulan
Masalah utama sampai saat ini tetap, yaitu pada hardware yang digunakan. Masih belum memadai untuk menggunakan software C4D dengan maksimal. Selain itu hal yang menjadi masalah adalah pada saat mengatur secondary asset, yang tidak bisa dipindah objeknya, dan waktu dipindah yaitu anchor pointnya. Dan solusinya yaitu dengan menekan tool enable axis (shortcut L). Jika on maka iyang dipidah adalah anchor point, jika off maka objek yang berpindah.


8. Referensi

http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © All About Technology //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //